Rabu, 30 September 2015

MAKALAH IPA



                MANFAAT BIOLOGI DIBIDANG KEDOKTERAN
danipurwandika.blogspot.com



  •        Tujuan penulisan  : 
Tujuan penulisannya yaitu untuk memberikan wawasan yang luas pada bidang kesehatan manusia yang berguna bagi kesejahtraan manusia khususnya pada bidang bioteknologi kedokteran.

  •        Konsep utama:
1.       Melalui bioteknologi, berbagai produk obat-obatan, vaksin, anti body, dan hormon ditemukan, misalnya penicilin dan hormon insulin.
2.       Beberapa penyakit menurun atau kelainan genitika dapat disembuhkan dengan cara menyisipkan gen yang kurang pada penderita, cara ini dikenal dengan istilah terapi gen.

  • Fakta unik :
Dampak penerapan bioteknologi bidang kesehatan produk rekayasa bidang kesehatan telah menimbulkan masalah yang serius diantaranya:
-          Penggunaan insulin hasil rekayasa menyebabkan 31 orang meninggal diinggris.
-          Tomat flavr savr hasil rekayasa diketahui  menggandung gen yang resisten terhadap antibiotik.
-          Susu sapi yang disuntik hormon BGH (bovine growth hormone) atau hormon pertumbuhan sapi, disinyalir mengandung bahan kimia baru yang berpotensi membahayakan kesehatan manusia.
-          Jagung hasil irekayasa sebagai pekan unggas yang dikhawatirkan membahayakan manusia.
-          Penyakit SARS diduga disebabkan oleh rekayasa genitika virus corona.

  •      Refleksi :
Setelah mempelajari biologi kedokteran saya dapat mengerti bahwa bioteknologi bidang kesehatan tidak hanya menguntungkan tetapi dapat pula merugikan manusia itu sendiri. 

Manfaat biologi dalam bidang bidang kedokteran:

        Bioteknologi, cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungsi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.
Biologi memberikan manfaat besar terhadap kemajuan ilmu kedokteran, terutama pengamanan terhadap masalah penyakit. Berikut beberapa contoh manfaat biologi dalam bidang kedokteran:

1.       Transplatasi (pencangkokan) organ telah dapat dilakukan dalam ilmu kedokteran. Walaupun memang manfaat ini bukan semata manfaat biologi saja akan tetapi gabungan dari beberapa ilmu, akan tetapi dengan mempelajari biologi khususnya anatomi manusia, anatomi hewan, dan fisiologi hewan, kita mampu memecahkan misteri dari penggantian organ yang telah rusak, dan pengetahuan tentang penolakan tubuh terhadap orang yang tidak match (cocok ) dapat kita tekan menggunakan obat penekan sistem imun.
2.       Virologi adalah salah satu cabang ilmu biologi yang mengkhususkan diri dalam mempelajari dan meneliti virus, suatu peralihan makhluk hidup ( walaupun beberapa ahli ada yang menganggapnya sebagai makhluk hidup). Virologi berperan penting dalam berbabagai penyakit yang dialami manusia contohnya saja H5N1 yang nama lainya adalah virus flu burung. Untuk ditemukan vaksinnya diperlukan pengetahuan tentang virus ini sehingga para dokter dapat melakukan penanganan yang tepat.
3.       Teknik bayi tabung. Dalam ilmu biologi khususnya embriologi, dijelaskan tentang emrio hewan dan manusia. Pengetahuan tersebut yang digabungkan dengan banyak percobaan dan eksperimen telah menghasilkan teknik bayi tabung. Manfaat biologi yang satu ini membuat para pasangan yang sulit hamil atau bahkan kasus tertentu ingin hamil tapi steril dapat memiliki anak. Dengan adanya teknik bayi tabung, jenis kelamin anak dapat ditentukan sehingga 90% karena sebelum dibuahi, sperma dan ovum yang akan melakukan fusi diseleksi mulai dari kromosomnya, dan lebih lanjut pada kondisi genetisnya. Setelah membentuk zigot (masih in vitro), pada tahap morula, zigot akan memasukan kedalam rahim ibu, atau rahim ibu angkat untuk menjadi bayi yang sempurna.
4.       Mikrobiologi kedokteran, pengetahuan mikrobiologi yang berkembang sangat cepat membuat manfaat biologi semakin terasa. Manfaat biologi dalam bidang kedokteran pada bagian mikrobiologinya adalah penanganan terhadap penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan organisme mikro lainnya yang lebih efektif, dan penggunaan antibiotik yang merupakan hasil atau produk dari mikroorganisme pada umumnya.
5.       Bidang kedokteran, contohnya teknik bayi tabung, metode keluarga berencana (KB), pencangkokan organ tubuh, bedah plastik, dan terapi gen.
6.       Peranan biologi pada bidang kedokteran.
Manfaat biologi dalam bidang kedokteran
                Sebagai ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk kehidupan, manfaat biologi meningkatkan kesejahteraan manusia tidak diragukan lagi. Berdasarkan ilmu murni biologi, telah dikembangkan berbagai ilmu terapan (bioteknologi) yang telah memajukan dunia kedokteran, industri, pertanian, dan peternakan , serta perikanan. Seberapa besarkah pemanfaatan biologi untuk kesejahtraan manusia telah dilaksanakan ? untuk mengetahui hal tersebut marilah kita pelajari uraian selanjutnya berikut ini.

                Dahulu banyak masalah penyakit yang tidak dipahami penyebab maupun cara pengobatan, sehingga cara yang ditempuh untuk mencegah maupun dalam menyembuhkannya tidak tepat. Tetapi berkat perkembangan biologi, khususnya dalam cabang ilmu: anatomi dan fisiologi manusia, mikroboilogi, virologi dan patologi, telah banyak membantu para dokter dalam memahami penyebab gangguan tersebut. Dengan demikian para dokter berhasil mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit yang sampai saat ini sering menjadi masalah yang menakutkan manusia. Berikut ini adalah contoh-contoh sumbangan pengetahuan yang telah diberikan oleh biologi beserta cabang-cabang ilmunya dalam dunia kesehatan dan atau kedokteran.
a.       Para penderita penyakit yang mengalami kerusakan pada salah satu organ tubuhnya, kini telah mendapatkan jalan keluarnya yaitu melalui teknik transplantasi (pencangkokan )organ. Transplantasi organ yang sudah berhasil dilakukan oleh para dokter adalah pencangkokan ginjal, jantung, sumsum tulang belakang maupun hati.
b.      Teknik fertilasi invitro telah dapat diaplikasikan tidak hanya pada hewan ternak, tetapi telah dapat dilakukan pada manusia. Teknik ini dapat membantu pasangan suami istri yang sulit mendapatkan keturunan karena suatu kelainan. Fertilasi ini tentunya berasal dari gamet pasangan yang bersangkutan. Teknik karakterisasi dan pemisahan gamet sperma yang membawa kromoson X dan Y (pentu jenis kelamin keturunan) juga telah berhasil dilakukan. Teknik ini memungkinkan para pasangan suami istri mendapatkan keturunannya dengan jenis kelamin tertentu.
c.       Mikrobiologi kedokteran telah berhasil mengindentifikasi beberapa jenis mikroba yang menyebabkan penyakit pada manusia maupun hewan. Dengan demikian, antibiotik untuk mikroba-mikroba tersebut dapat diubah.
d.      Virologipun telah memberikan sumbangannya pada dunia kedokteran, dengan mendasari pengetahuan dalam usaha menciptakan vaksin-vaksin. Misalnya pada kasus yang baru saja terjadi yaitu mengenai virus flu burung. Sebuah surat kabar memberikan bahwa virus flu burung atau disebut juga virus avian influenza, yang hanya dapat diteruskan kepada manusia melalui kontak yang sangat dekat, telah dapat ditemukan vaksinnya oleh para pakar imunologi dan bioteknologi dibadan kesehatan dunia (WHO). Caranya adalah dengan menggabungkan gen avian dengan gen flu pada manusia agar menjadi hewan”aman”. Mereka menggambil satu gen virus flu burung kemudian menggantikan gennya tadi dengan gen flu manusia. Hasil dari kombinasi virus buatan ini kemudian dipersiapkan sebagai basis untuk pembuatan vaksinnya.

                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar